Gedung Simpang Temu Dukuh Atas Jalan Juana, Menteng, Jakarta 10310, Indonesia info@jaklingkoindonesia.co.id
img

Grab Jadi Transportasi Daring Pertama di Aplikasi JakLingko

Kemitraan JakLingko dengan Grab melalui perjanjian kerja sama (PKS) oleh Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi, Direktur PT Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia Muhammad Lutf Bakrie dan Direktur Utama PT Aino Indonesia Hastono Bayu Trisnanto, pada Rabu (29/12)/2021) (ANTARA/HO-JakLingko Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - PT Grab Teknologi Indonesia, PT. Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia, dan PT. Aino Indonesia, bersama dengan PT JakLingko Indonesia (JakLingko), resmi menjalin kemitraan strategis untuk memperkuat layanan transportasi terpadu berbasis teknologi yang dihadirkan bagi warga dan komuter Jabodetabek. Dengan ini, Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam keterangannya, Jumat, mengatakan, Grab menjadi aplikasi transportasi dan pengiriman online pertama yang terintegrasi ke JakLingko. Kemitraan strategis tersebut demi mewujudkan sistem transportasi pintar, atau Intelligent Transportation System, untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, keamanan, dan keandalan transportasi umum.

"Hadirnya sistem transportasi yang saling terhubung dengan efisien akan memfasilitasi ramainya kegiatan ekonomi yang menjadi kunci bagi percepatan pemulihan Indonesia. Kolaborasi antar JakLingko dan Grab ini membawa gairah baru bagi sistem transportasi di Jabodetabek," kata Direktur Utama PT. JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin, dalam keterangan pers, Jumat.

Adapun lima fitur dan layanan Grab yang akan terintegrasi ke aplikasi JakLingko. Pengguna aplikasi JakLingko dapat memesan GrabBike dan GrabCar sebagai moda transportasi first mile dan last mile ketika berangkat dan balik dari stasiun-stasiun yang terhubung ke JakLingko, termasuk MRTJ, TransJakarta, LRT (Jakpro), KCI, dan Railink. Pengguna juga dapat mengakses informasi rute, tarif perjalanan, dan profil pengendara Grab melalui aplikasi JakLingko. Lebih lanjut, pengguna aplikasi JakLingko dapat mengakses layanan medis GrabHealth yang terdiri dari telekonsultasi 24 jam bersama Good Doctor Technology Indonesia. Selain itu para pengguna dapat membeli perlindungan asuransi dengan mudah melalui layanan GrabInsure yang menghadirkan berbagai paket dari penyedia asuransi. Lalu, pengguna aplikasi JakLingko bisa mendapatkan penawaran menarik untuk voucher GrabGifts serta paket berlangganan GrabCar dan GrabBike melalui layanan GrabRewards, serta menggunakan OVO sebagai metode pembayaran. Di sisi lain, jenama dan pengusaha UMKM yang tergabung di platform Grab dapat membeli GrabAds agar iklan digital mereka terpampang di aplikasi JakLingko.

Direktur PT. Jatelindo Perkasa Abadi Indonesia Muhammad Lutfi Bakrie mengatakan bahwa hadirnya solusi pembayaran akan semakin memperkuat layanan yang ditawarkan ke masyarakat.

"Masyarakat sudah semakin bergeser ke metode pembayaran cashless yang ringkas dan kehadiran solusi pembayaran berbasis digital di JakLingko akan mendukung peralihan itu," kata dia.

Direktur Utama PT. Aino Indonesia Hastono Bayu Trisnanto menambahkan bahwa adanya fitur First Mile - Last Mile dengan layanan Grab ini akan lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan secara mulus dari asal hingga ke tujuan akhir, dengan berbagai moda yang terintegrasi.

Keempatnya pun berencana untuk meluncurkan fase ketiga di kuartal ketiga pada 2022, di mana fokus akan diberikan untuk menyediakan berbagai kemudahan untuk pengguna lanjut usia dan disabilitas sebagai usaha untuk menjalankan sistem transportasi yang lebih inklusif.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor: Maria Rosari Dwi Putri

COPYRIGHT © ANTARA 2021

docx file PDF