Wisma Nusantara Lantai 23, Jalan MH. Thamrin Kavling 59, Jakarta 10350, Indonesia +62 21 31901910 info@jaklingkoindonesia.co.id
img

bg

Tata Kelola Perusahaan

Tata Kelola Perusahaan

PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia sangat memahami bahwa peningkatan kualitas penerapan corporate governace yang efektif secara berkelanjutan merupakan hal yang sangat penting. Dalam penerapan corporate governace, PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia secara konsisten mengedepankan etika dan integritas dalam pengelolaan perusahaan yang ditujukan untuk mendorong peningkatan kinerja

PT JakLingko Indonesia, memberikan jaminan dipenuhinya hak-hak para pemangku kepentingan (stakeholders) serta meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Penerapan Good Corporate Governance secara berkelanjutan
    Pada prinsipnya pelaksanaan GCG dilaksanakan oleh Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh karyawan pada setiap kegiatan dengan tujuan untuk melindungi kepentingan perusahaan, shareholders dan stakeholders.       PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia senantiasa melakukan evaluasi penerapan GCG secara berkelanjutan, sehingga penerapan GCG diharapkan dapat terus meningkat.
    Mekanisme pelaksanaan implepentasi GCG digambarkan dalam siklus implementasi berikut:

    Standar kualitas imlementasi GCG
    Implementasi GCG
    Monitoring implementasi GCG
    Penilaian GCG
    Peningkatan kualitas implementasi GCG dan benchmarking.
     
  2. Penerapan Good Corporate Governance (GCG) di PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia bertujuan untuk:
    • Peningkatan corporate value dengan penerapan prinsip GCG yang terdiri dari transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi serta keadilan dan kesetaraan dalam melaksanakan kegiatan usahanya agar PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia memilik daya saing yang kuat, baik di tingkat nasional maupun regional.
    • Mendorong setiap unit kerja di PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia untuk menekankan budaya GCG dalam setiap pengambilan keputusan yang dilandasi nilai & norma yang berlaku serta tingkat kepatuhan yang tinggi terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Peningkatan kinerja PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia melalui program-program efisiensi perusahaan yang terci a dari terimplementasinya budaya GCG di setiap unit kerja PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia.
  3. Penerapan prinsip-prinsip GCG dapat diuraikan:
    1. Transparansi
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia akan menyediakan informasi secara tepat waktu, memadai, jelas, akurat dan dapat diperbandingkan serta mudah diakses stakeholder sesuai dengan haknya.
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia mengungkapkan informasi yang meliputi tetapi tidak terbatas pada visi, misi, sasaran usaha, strategi, kondisi keuangan, susunan pengurus, pemegang saham pengendali, pejabat eksekutif, sistem pengawasan dan pengendalian intern, status kepatuhan, sistem dan implementasi GCG serta informasi & fakta material sebagai informasi kepada stakeholders.
      • Prinsip keterbukaan tetap memperhatikan ketentuan dan hak pribadi sesuai peraturan yang berlaku.
      • Kebijakan harus tertulis dan dikomunikasikan kepada stakeholders dan yang berhak memperoleh informasi tentang kebijakan tersebut.
    2. Akuntabilitas
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia akan menetapkan sasaran usaha dan strategi untuk dapat dipertanggungjawabkan kepada stakeholder.
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia memiliki ukuran kinerja dari semua unit kerja berdasarkan ukuran yang disepakati dan sejalan dengan nilai-nilai perusahaan (corporate culture values), sasaran usaha dan strategi perusahaan serta memiliki reward and punishment system.
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia meyakini bahwa semua unit kerja mempunyai kompetensi sesuai dengan tanggung jawabnya serta memahami perannya dalam implementasi GCG.
    3. Tanggung Jawab
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia berpegang pada prinsip kehati-hatian (prudenstial practice) dan menjamin kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku.
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia sebagai good corporate citizen peduli terhadap lingkungan dan melaksanakan tanggung jawab sosial secara wajar.
    4. Independensi
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia menghindari terjadinya dominasi tidak wajar oleh stakeholders manapun dan tidak terpengaruh oleh kepentingan sepihak serta terbebas dari benturan kepentingan (conflict of interest).
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia Indonesia mengambil keputusan secara obyektif & bebas dari segala tekanan dari pihak manapun.
    5. Kewajaran / kesetaraan
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia memperhatikan kepentingan seluruh stakeholders asas kesetaraan dan kewajaran (equal treatement).
      • PT JakLingko Indonesia Indonesia Indonesia memberikan kesempatan kepada seluruh stakeholders untuk memberikan masukan dan menyampaikan pendapat bagi kepentingan perusahaan serta membuka akses terhadap informasi sesuai dengan prinsip keterbukaan.
docx file PDF